Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 17 Desember 2014

Perkembangan Pariwisata terhadap perekonomian



Perkembangan Pariwisata Terhadap Perekonomian

Pendahuluan

  Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari lebih dari 17.000 pulau  atau sering di sebut juga sebagai negara maritim, menyadari pentingnya sektor pariwisata terhadap perekonomian Indonesia di karenakan pertumbuhan pariwisata di indonesia sangat tinggi. Pada hakekatnya, sektor pariwisata sangat dekat dengan sektor ekonomi karena tujuan pengembangan pariwisata menyangkut kesejahteraan masyarakat di objek wisata, bukan hanya sekedar kepuasan wisatawannya, yang meliputi peningkatan pertumbuhan ekonomi penduduk sekitar, pelestarian dan perlindungan alam dan budaya serta pembangunan antara masyarakat dan kawasannya.  Di era globalisasi ini, pariwisata merupakan bisnis industri terkuat dalam pembiayaan ekonomi global. Pengembangan sektor pariwisata yang telah di lakukan pemerintah dan swasta harus di lebih  tingkatkan pelayanannya agar dapat menarik lebih banyak wisatawan. Pada dasarnya kunjungan wisatawan akan berinteraksi dengan masyarakat di sekitar tempat wisata tersebut dan merangsang tanggapan masyarakat sekitar sesuai dengan kemampan mereka beradaptasi baik di bidang perekonomian, kemasyarakatan maupun kebudayaan mereka. 


Upaya Pemerintah dalam Meningkatkan Ekonomi Pariwisata Indonesia

 Berkembangnya sektor pariwisata juga dapat mendorong pemerintah untuk menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung yang lebih baik, seperti penyediaan air bersih, listrik, telekomunikasi, transportasi dan fasilitas pendukung lainnya untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan wisatawan dan juga masyarakat lokal sebagai tuan rumah. Pembangunan infrastruktur pariwisata dapat dilakukan secara mandiri ataupun mengundang pihak swasta nasional bahkan investor asing untuk pembangunan yang berskala besar seperti pembangunan bandara internasional untuk transportasi wisatawan asing datang ke daerah tersebut dan sebagainya. Perbaikan dan pembangunan infrastruktur juga akan di nikmati oleh penduduk lokal dalam menjalankan aktifitas bisnisnya, serta masyarakat lokal akan mendapatkan dampak positif lainnya dari pembangunan pariwisata di daerahnya.


Peranan Pariwisata dalam perkembangan Ekonomi

  Pariwisata merupakan sektor yang dapat meningkatkan perekonomian. Pariwisata memberikan peranan tidak hanya pada perekonomian namun juga di bidang lainnya, seperti :

 a. Peranan pariwisata dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Indonesia, antara lain :
- Terbukanya lapangan pekerjaan
- Mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan sehingga mengurangi angka kejahatan
- Meningkatkan pendapatan daerah dan devisa negara
-  Meningkatkan pendapatan/penghasilan masyarakat
- Menciptakan spesialisasi keahlian di bidang kepariwisataan
-  Mendorong untuk melakukan inovasi dan kompetisi.
b. Selain meningkatkan perekonomian, pariwaisata juga berperan dalam membentuk kepribadian suatu bangsa, yaitu :
- Mendorong kebudayaan daerah agar lebih di lestarikan
- Mendorong kebudayaan nasional untuk terus berkembang, yang memungkinkan memperkaya peradaban manusia
- Terpelihara sejarah dan kebudayaan bangsa, yang di harapkan memupuk kesadaran masyarakat terhadap tanggung jawabnya.
c. Pariwisata memiliki peranan untuk menjaga dan memilihara keutuhann NKRI, antara lain :
- Lingkungan menjadi lebih terpelihara
- Dengan adanya beragam acara/kegiatan pariwisata di berbagai daerah dapat menjadi suatu pertahanan teritorrial yang strategis. Dengan terpeliharanya lokasi kepastian batas wilayah dapat di awasi.

 Dampak Pariwisata Terhadap Perekonomian

Dampak Positif
  Sektor pariwisata menyebabkan perekonomian penduduk semakin sejahtera. Pengalaman di beberapa negara bahwa kedatangan wisatawan ke sebuah tempat wisata juga menyebabkan bertumbuhnya bisnis valuta asing untuk memberikan pelayanan dan kemudahan bagi wisatawan selama mereka berwisata. Pada bebarapa negara yang mengembangkan sektor pariwisata secara internasional berkontribusi nyata dalam menciptakan peluang kerja, penciptaan usaha-usaha terkait pariwisata seperti usaha akomodasi, bar, restoran, hotel dan kerajinan seni souvenir. Sektor pariwisata juga menyumbang pendapat bagi pemerintah melalui pajak yang berlaku seperti pajak pendapatan, pajak bea cukai dan lain sebagainnya. Berkembangnya sektor pariwisata mendorong pemerintah lokal untuk menyediakan fasilitas yang lebih baik lagi seperti penyediaan air bersih, transportasi, listrik, komunikasi dan fasilitas lainnya yang mendukung sektor pariwisata tersebut.

Dampak Negatif
 Sektor pariwisata ternyata tidak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga memberikan dampak negatif. Tanpa di sadari ternyata pembangunan sektor pariwisata yang berstandar Internasional dapat menjadi beban biaya bagi pemerintah dan akibatnya cenderung akan di bebankan pada sektor pajak untuk membangun sektor tersebut sehingga pungutan pajak terhadap masyarakat akan mengalami kenaikan juga. Pembangunan sektor pariwisata juga berhubungan dengan meningkatnya harga sewa rumah, harga tanah, dan harga-harga property lainnya sehingga sangat di mungkinkan masyarakat tidak mampu membelinya dan cenderung akan tergusur ke daerah pinggiran yang harganya masih bisa di jangkau. Di dalam pariwisata juga di kenal musim-musim tertentu, seperti musim ramai di mana kedatangan wisatawan akan mengalami puncaknya, kondisi ini akan berdampak meningkatnya pendapatan bisnis pariwisata. Sedangkan pada musim sepi (low Season) di mana kondisi ini rata-rata tingkat hunian kamar tidak sesuai dengan yang di harapkan sehingga berdampak menurunnya pendapatan bisnis pariwisata. Pada kondisi musim sepi (low season) akan berdampak pada pengurangan tenaga kerja, sehingga banyak yang kehilangan pekerjaannya. Kedatangan wisatawan yang di kelola oleh biro perjalanan juga berdampak negatif bagi masyarakat lokal. contohnya mereka menggunakan maskapai penerbangan milik perusahaan mereka sendiri, menginap di sebuah hotel milik negara mereka sendiri, serta berwisata dengan armada perusahaan mereka sendiri sehingga masyarakat lokal tidak memperoleh manfaat ekonomi yang lebih optimal.

Kesimpulan :

 Negara Indonesia di kenal sebagai negara kepulauan atau di sebut juga negara maritim. Negara Indonesia mempunyai banyak daerah-daerah yang indah  dan menarik untuk di kunjungi. Sektor pariwisata sangat berpengaruh pada perekonomian di Indonesia, dikarenakan pertumbuhan pariwisata sangat tinggi. Pertumbuhan pariwisata harus didukung oleh pemerintah pusat  serta masyarakat lokal agar dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi. Pemerintah berperan aktif dalam memberikan fasilitas-falitas pendukung untuk menunjang pertumbuhan pariwisata. Di daerah pariwisata masyarakat di tuntut untuk menerapakan Sapta Pesona agar para wisatawan tidak akan bosan ataupun jenuh akibat pelayanan yang di berikan. Sektor pariwisata juga mempunyai dampak negatif dan positif dalam perkembangannya sehingga perlu di waspadai.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar